Entries (RSS)
KLIK SALAH SATU LINK IKLAN DIBAWAH UNTUK MENGHILANGKAN KOTAK INI
.

Melakukan Asuhan Keperawatan (Askep) merupakan aspek legal bagi seorang perawat walaupun format model asuhan keperawatan di berbagai rumah sakit berbeda-beda. Seorang perawat Profesional di dorong untuk dapat memberikan Pelayanan Kesehatan seoptimal mungkin, memberikan informasi secara benar dengan memperhatikan aspek legal etik yang berlaku. Metode perawatan yang baik dan benar merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan kualitas “asuhan keperawatan” (askep) yang diberikan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan brand kita sebagai perawat profesional. Pemberian Asuhan keperawatan pada tingkat anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia hingga bagaimana kita menerapkan manajemen asuhan keperawatan secara tepat dan ilmiah diharapkan mampu meningkatkan kompetensi perawat khususnya di indonesia

PENYEBAB KEGUGURAN, GEJALA, DAN PENGOBATAN

Apa itu keguguran?

Keguguran adalah setiap kehamilan yang berakhir secara spontan sebelum janin dapat bertahan. Sebuah keguguran secara medis disebut sebagai aborsi spontan. Organisasi Kesehatan Dunia mendefinisikan negara ini unsurvivable sebagai embrio atau janin seberat 500 gram atau kurang, yang biasanya sesuai dengan usia janin (usia kehamilan) dari 20 hingga 22 minggu atau kurang. Keguguran terjadi pada sekitar 15% sampai 20% dari seluruh kehamilan yang diakui, dan biasanya terjadi sebelum minggu ke 13 kehamilan. Dengan perkembangan yang sangat sensitif untuk tes kadar hCG yang dapat mendeteksi suatu kehamilan dini bahkan sebelum periode berikutnya diharapkan (menstruasi), peneliti telah mampu menunjukkan bahwa sekitar 60% sampai 70% dari seluruh kehamilan (diakui dan tidak diakui) hilang . Karena kerugian terjadi begitu awal, keguguran terjadi tanpa diketahui wanita pernah memiliki dia hamil. Dari mereka keguguran yang terjadi sebelum minggu kedelapan, 30% tidak memiliki janin yang berhubungan dengan kantung atau plasenta. Kondisi ini disebut blighted ovum, dan banyak wanita yang terkejut mengetahui bahwa tidak pernah ada embrio di dalam kantung.

Seperti dijelaskan di atas, beberapa keguguran terjadi sebelum wanita mengetahui bahwa mereka hamil. Sekitar 15% dari telur yang dibuahi hilang sebelum telur bahkan memiliki kesempatan untuk menanamkan (embed sendiri) di dinding rahim. Seorang wanita tidak akan secara umum mengenali jenis keguguran. 15% lainnya dari konsepsi yang hilang sebelum usia kehamilan delapan minggu. Setelah fungsi jantung janin terdeteksi pada kehamilan tertentu, kemungkinan keguguran kurang dari 5%.

Seorang wanita yang mungkin menunjukkan tanda-tanda kehamilannya mungkin keguguran (seperti pendarahan vagina) mungkin harus disebut sebagai "aborsi terancam."

Apa yang menyebabkan keguguran, dan apa tes untuk penyebab yang berbeda?

Penyebab keguguran tidak selalu bisa ditentukan. Yang paling umum diketahui penyebab keguguran pada ketiga pertama kehamilan (trimester 1) adalah kelainan kromosom, penyakit kolagen vaskuler (seperti lupus), diabetes, masalah hormonal lain, infeksi, dan bawaan (hadir sejak lahir) kelainan rahim. kelainan kromosom pada janin adalah penyebab paling umum dari keguguran dini, termasuk blighted ovum (lihat di atas). Masing-masing penyebab akan dijelaskan dibawah.

Kelainan kromosom

Kromosom adalah komponen mikroskopis dari setiap sel dalam tubuh yang membawa semua bahan genetik yang menentukan warna rambut, warna mata, dan tampilan secara keseluruhan dan tata rias. Kromosom ini duplikat diri mereka sendiri dan membagi berkali-kali selama proses pembangunan, dan ada banyak titik di sepanjang jalan dimana masalah dapat terjadi. kelainan genetik tertentu dikenal lebih umum di pasangan yang mengalami keguguran berulang. Ciri-ciri genetik dapat disaring oleh tes darah sebelum mencoba untuk hamil.

Setengah dari keguguran trimester jaringan from1st janin mengandung kromosom abnormal. Angka ini turun sampai 20% dengan keguguran 2nd trimester. Dengan kata lain, kromosom abnormal lebih umum dengan 1st trimester dibandingkan dengan keguguran 2nd trimester. keguguran trimester Pertama begitu sangat umum bahwa kecuali mereka terjadi lebih dari sekali, mereka tidak dianggap "abnormal" per se. Mereka tidak meminta evaluasi lebih lanjut kecuali mereka terjadi lebih dari sekali. Sebaliknya, keguguran 2nd trimester lebih tidak biasa, dan karena itu dapat memicu evaluasi bahkan setelah kejadian pertama. Oleh karena itu jelas bahwa penyebab keguguran tampaknya bervariasi sesuai dengan trimester.

kelainan kromosom juga menjadi lebih umum dengan penuaan, dan wanita di atas usia 35 memiliki tingkat lebih tinggi keguguran daripada wanita muda. Memajukan umur ibu merupakan faktor risiko yang paling signifikan bagi awal keguguran pada wanita yang sehat.

Penyakit kolagen vaskular

Kolagen penyakit pembuluh darah adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh sendiri seseorang menyerang organ mereka sendiri. Penyakit tersebut dapat berpotensi sangat serius, baik selama atau antara kehamilan. Dalam penyakit ini, seorang wanita membuat antibodi untuk jaringan tubuh-nya sendiri. Contoh penyakit kolagen vaskuler berhubungan dengan peningkatan risiko keguguran adalah lupus eritematosus sistemik, dan sindrom antibodi antifosfolipid. Tes darah dapat mengkonfirmasi adanya antibodi abnormal dan digunakan dalam diagnosis kondisi ini.

Diabetes

Diabetes umum dapat dikelola dengan baik selama kehamilan, jika seorang wanita dan kesehatan kerja praktisi perawatan nya erat. Namun, jika diabetes yang kurang terkontrol, tidak hanya merupakan risiko keguguran lebih tinggi, tetapi bayi bisa memiliki cacat lahir utama. Masalah lain juga dapat terjadi dalam kaitannya dengan diabetes selama kehamilan. kontrol gula darah yang baik selama kehamilan sangat penting.

Faktor hormonal

faktor hormonal dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran, termasuk Sindrom Cushing, penyakit tiroid, dan polycystic ovary syndrome (PCOS). Ini juga telah mengemukakan bahwa fungsi yang tidak memadai korpus luteum di ovarium (yang menghasilkan progesteron yang diperlukan untuk pemeliharaan tahap awal kehamilan) dapat menyebabkan keguguran. Disebut "fase luteal cacat," ini adalah masalah kontroversial, karena beberapa penelitian tidak didukung teori cacat fase luteal sebagai penyebab keguguran.

Infeksi

Ibu infeksi dengan sejumlah besar organisme yang berbeda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran. Janin atau plasenta infeksi oleh organisme menyinggung kemudian menyebabkan keguguran. Contoh infeksi yang telah dikaitkan dengan keguguran termasuk infeksi oleh Listeria monocytogenes, Toxoplasma gondii, parvovirus B19, rubella, herpes simplex, cytomegalovirus, dan virus choriomeningitis limfositik.
Abnormal struktural anatomi

anatomi abnormal rahim juga dapat menyebabkan keguguran. Pada beberapa wanita bisa terdapat jembatan jaringan (septum rahim), yang bertindak seperti sebagian dinding rongga rahim membagi menjadi beberapa bagian. septum biasanya memiliki suplai darah yang sangat miskin, dan tidak cocok untuk lampiran plasenta dan pertumbuhan. Oleh karena itu, embrio menanamkan pada septum akan meningkatkan risiko keguguran.

kelainan struktur lain dapat hasil dari pertumbuhan jinak di rahim yang disebut fibroid. Fibroid tumor (leiomyomata) adalah pertumbuhan jinak dari sel-sel otot dalam rahim. Sementara tumor fibroid yang paling tidak menyebabkan keguguran, (pada kenyataannya, mereka adalah penyebab yang jarang dari infertilitas), beberapa dapat mengganggu implantasi embrio dan suplai darah embrio, sehingga menyebabkan keguguran.

Penyebab lainnya

prosedur pembedahan invasif di dalam rahim, seperti amniosentesis dan chorionic villus sampling, juga sedikit meningkatkan risiko keguguran.

Apa yang TIDAK menyebabkan keguguran?

Harus ditekankan bahwa olahraga, bekerja, dan hubungan seksual tidak meningkatkan risiko kehilangan kehamilan secara rutin (rumit) kehamilan. Namun, dalam situasi yang tidak biasa dimana seorang wanita dirasakan oleh dokter dia menjadi lebih berisiko terhadap aborsi spontan, ia mungkin disarankan untuk berhenti bekerja dan menahan diri dari melakukan hubungan seksual. Wanita dengan riwayat kelahiran prematur dan kondisi kandungan tertentu mungkin jatuh ke dalam kategori ini.

Apakah ada faktor gaya hidup yang berhubungan dengan keguguran?

Merokok lebih dari 10 batang per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran, dan beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa risiko keguguran meningkat dengan merokok ayah. Faktor-faktor lain, seperti penggunaan alkohol, demam, penggunaan obat anti-inflammatory drugs sekitar waktu implantasi embrio, dan menggunakan kafein semuanya telah disarankan untuk meningkatkan risiko keguguran, meski lebih banyak studi diperlukan untuk mengklarifikasi sepenuhnya potensi risiko yang terkait dengan faktor-faktor ini. Tentu saja, alkohol adalah teratogen dikenal (zat kimia yang dapat merusak janin berkembang), wanita jadi hamil disarankan untuk tidak minum minuman beralkohol.
Apa saja gejala keguguran?

Kram dan perdarahan vagina adalah gejala yang paling umum melihat dengan aborsi spontan. Para kram dan pendarahan mungkin sangat ringan, sedang, atau berat. Tidak ada pola tertentu untuk berapa lama gejala akan berlangsung.

Vagina pendarahan selama awal kehamilan sering disebut sebagai "aborsi terancam." Aborsi terancam Istilah digunakan sejak keguguran tidak selalu mengikuti perdarahan vagina pada awal kehamilan, bahkan setelah diulang episode atau jumlah besar perdarahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa 90% sampai 96% dari kehamilan dengan menunjukkan aktivitas jantung janin yang mengakibatkan pendarahan vagina pada 7 sampai 11 minggu kehamilan akan mengakibatkan kehamilan yang sedang berlangsung.

Apa yang akan dokter mencari selama pemeriksaan dengan diduga keguguran?

leher rahim seorang wanita mungkin memiliki beberapa debit berdarah, tetapi tidak ada hal lain yang tidak biasa akan menjadi karakteristik aborsi terancam. Beberapa wanita akan memiliki kelembutan rahim ringan selama pemeriksaan manual rahim. Dokter mungkin melihat apakah serviks melebar dan akan memeriksa untuk melihat apakah rahim diperbesar ke tingkat yang sesuai untuk usia kehamilan kehamilan.

Bagaimana aborsi terancam dievaluasi?

Pelvic ultrasound digunakan untuk memvisualisasikan detak jantung janin dan untuk menentukan apakah kehamilan masih layak. Pemeriksaan USG juga dapat membedakan antara kehamilan intrauterin dan ektopik. Dokter juga dapat memerintahkan tingkat darah gonadotrophin chorionic serial manusia (HCG) untuk membantu menentukan kelangsungan hidup kehamilan jika pemeriksaan USG tidak konklusif. Selama evaluasi, wanita mungkin disarankan untuk beristirahat dan menghindari hubungan seksual (aktivitas).

Apa kata umum seorang wanita mungkin akan mendengar selama evaluasi untuk keguguran?

1. "Keguguran" (aborsi spontan) adalah pengakhiran kehamilan sebelum janin layak (mampu bertahan).

2. "Aborsi Lengkap" menjelaskan spontan (tidak sengaja yang disebabkan oleh obat atau prosedur) bagian dari semua jaringan janin dan plasenta. Hal ini biasa terjadi sebelum kehamilan 12 minggu.

3. "Aborsi tidak lengkap" adalah ketika beberapa, tapi tidak semua, jaringan janin dan plasenta yang dikeluarkan.

4. "Produk konsepsi" mengacu pada kombinasi jaringan janin dan plasenta.

5. "Aborsi terancam" adalah ketika keguguran tidak benar-benar terjadi, tetapi ada pendarahan vagina dari rahim. Leher rahim tidak akan membesar dan tidak menunjukkan tanda-tanda dari bagian dekat jaringan janin dan plasenta.

6. "Aborsi terjawab" menggambarkan kematian janin dalam rahim sebelum viabilitas, tetapi hasil konsepsi tidak lulus.

7. A "septik (menular) aborsi" disebabkan oleh infeksi bakteri dan disertai dengan demam, menggigil, sakit, dan mengandung nanah discharge.
Apa pengobatan dapat seorang wanita berharap ketika dia telah mengalami keguguran?

Tujuan utama dari dokter dalam situasi ini akan mencoba untuk mencari tahu apakah wanita itu telah melewati semua jaringan dari janin dan plasenta. Jika dia telah melewati semua jaringan, dia hanya mungkin memerlukan pengamatan oleh tenaga medis. Di sisi lain, seorang wanita yang belum lulus semua jaringan (aborsi tidak lengkap) biasanya akan membutuhkan pelebaran penghisap dan kuretase (D & C) rahim untuk menghilangkan produk ditahan kehamilan. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal, dan kadang-kadang antibiotik mungkin diresepkan untuk wanita untuk mencegah infeksi.

Kapan seorang wanita melakukan evaluasi untuk penyebab keguguran?

Saat ini, sebagian besar praktisi tidak akan melakukan evaluasi medis yang luas untuk kehilangan kehamilan tunggal, karena kemungkinan memiliki kehamilan normal berikutnya bahkan dua kali keguguran berturut-turut adalah 80% sampai 90%. Bagi wanita dengan keguguran berulang, evaluasi akan fokus pada pola dan sejarah keguguran sebelumnya. Tiga keguguran berturut-turut akan menyarankan seorang wanita harus menerima evaluasi lebih lanjut.

Dengan demikian, tes berikut ini dipertimbangkan untuk perempuan dengan tiga keguguran berturut-turut.

Darah pengujian dapat dipesan untuk mengidentifikasi kelainan kromosom pada pasangan yang dapat menular ke janin. Pasangan itu bisa setiap muncul sepenuhnya normal, tetapi masih membawa kerusakan kromosom, yang, jika digabungkan, dapat mematikan embrio. Jenis pengujian ini disebut karyotyping, dan dilakukan pada kedua anggota pasangan. Sebuah hysterosalpingogram (HSG) dapat mengidentifikasi kelainan anatomis di dalam rahim.

Antinuclear antibodi, antibodi anticardiolipin, VDRL, RPR, dan antikoagulan lupus adalah beberapa tes darah digunakan untuk mendiagnosa penyakit autoimun yang dapat menyebabkan keguguran berulang.

Seperti dijelaskan di atas, beberapa penyakit yang sudah akan dengan jelas bagi wanita dan dokter, tetapi tidak semua kasus. tes antibodi lain mungkin dilakukan juga.

Apakah yang harus dilakukan untuk mencegah keguguran ?

Perlakuan keguguran berulang tergantung pada apa yang diyakini menjadi penyebab yang mendasari. Hal ini sering tidak sesederhana kedengarannya. evaluasi hati-hati mungkin muncul beberapa faktor potensial yang sendiri atau bersama-sama mungkin bertanggung jawab atas kerugian kehamilan. Jika masalah kromosom ditemukan dalam salah satu atau kedua orang, maka konseling untuk risiko masa mendatang adalah satu-satunya pilihan bagi pasangan, karena saat ini belum ada metode untuk memperbaiki masalah genetika.

Jika masalah struktural yang dihadapi dengan rahim, koreksi bedah bisa direnungkan. Harus ditekankan bahwa hanya karena kelainan struktural yang ditemukan, maka tidak berarti bahwa hal ini menyebabkan keguguran. Penghapusan dari septum fibroid atau rahim tidak menjamin kehamilan yang sukses di masa depan, karena septum uterus fibroid atau tidak mungkin telah menjadi penyebab keguguran di tempat pertama.

kontrol yang memadai diabetes dan penyakit tiroid sangat penting dalam upaya untuk mencegah keguguran berulang pada wanita dengan kondisi seperti itu. Untuk perempuan dengan masalah imunologi, seperti misalnya lupus eritematosus sistemik dan sindrom antifosfolipid antibodi, obat tertentu sedang dipelajari yang mungkin berguna dalam mencapai hasil kehamilan sukses. pengencer darah seperti aspirin dan heparin dapat, dalam beberapa kasus, mencegah keguguran lebih lanjut.

Penggunaan progesteron untuk meningkatkan tingkat darah hormon ini kadang-kadang digunakan untuk pasien dengan keguguran berulang, walaupun studi terkontrol skala besar yang mengkonfirmasi kegunaan suplemen progesteron belum dilakukan. Namun, banyak dokter melaporkan kesuksesan dengan terapi progesteron. Progesteron dapat diberikan sebagai supositoria vagina, atau dalam bentuk tablet atau gel.

Dalam berurusan dengan kehilangan kehamilan berulang, penting untuk menyadari bahwa meskipun tampaknya masalah jelas bisa diperbaiki, keguguran masih bisa terjadi. Ini bukan untuk mengatakan bahwa usaha tidak harus diambil untuk memperbaiki kelainan diidentifikasi yang telah historis yang terkait dengan keguguran. Namun, tidak ada perawatan dapat dijamin. Bahkan dengan keguguran berulang, masih ada kesempatan yang sangat baik untuk mencapai kehamilan yang sukses. Awal kehamilan dan konseling pra-kehamilan dapat membantu mengidentifikasi faktor risiko dan memungkinkan praktisi untuk memberikan perawatan khusus yang mungkin diperlukan.

Keguguran Spontan

* Keguguran spontan adalah hilangnya kehamilan yang berakhir secara spontan sebelum janin dapat bertahan.

* Latihan, bekerja, dan hubungan seks TIDAK meningkatkan risiko keguguran bagi wanita tanpa kondisi medis tertentu yang menempatkan mereka pada risiko.

* Penyebab keguguran termasuk kelainan genetik, infeksi, obat-obatan, efek hormonal, kelainan struktur rahim, dan kelainan kekebalan tubuh.

* Setelah keguguran terisolasi, kesempatan memiliki masa kehamilan yang normal di masa depan dekat 90%.

* Pengobatan keguguran berulang diarahkan penyebab yang mendasari.



REFERENSI: eMedicine.com. Awal kehamilan rugi.



ARTIKEL BERKAITAN