Entries (RSS)
KLIK SALAH SATU LINK IKLAN DIBAWAH UNTUK MENGHILANGKAN KOTAK INI
.

Melakukan Asuhan Keperawatan (Askep) merupakan aspek legal bagi seorang perawat walaupun format model asuhan keperawatan di berbagai rumah sakit berbeda-beda. Seorang perawat Profesional di dorong untuk dapat memberikan Pelayanan Kesehatan seoptimal mungkin, memberikan informasi secara benar dengan memperhatikan aspek legal etik yang berlaku. Metode perawatan yang baik dan benar merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan kualitas “asuhan keperawatan” (askep) yang diberikan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan brand kita sebagai perawat profesional. Pemberian Asuhan keperawatan pada tingkat anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia hingga bagaimana kita menerapkan manajemen asuhan keperawatan secara tepat dan ilmiah diharapkan mampu meningkatkan kompetensi perawat khususnya di indonesia

APA ITU HEMOFILIA ??

Hemofilia adalah bukanlah nama penyakit melainkan salah satu dari kelompok gangguan perdarahan bawaan yang menyebabkan perdarahan abnormal atau berlebihan, dan pembekuan darah yang buruk. Istilah ini paling sering digunakan untuk merujuk kepada dua kondisi tertentu yang dikenal sebagai hemofilia A dan hemofilia B, yang akan menjadi subyek utama dari artikel ini. Hemofilia A dan B dibedakan oleh gen tertentu yang bermutasi (dirubah menjadi rusak) dan kode untuk suatu faktor pembekuan cacat (protein) di masing-masing penyakit. Jarang, hemofilia C ditemui, tetapi pengaruhnya terhadap pembekuan jauh kurang menonjol dari A atau B.


Hemofilia A dan B mewarisi dalam pola X-linked genetik resesif dan oleh karena itu jauh lebih umum pada laki-laki. Pola warisan berarti bahwa gen tertentu pada kromosom X menyatakan dirinya hanya bila tidak ada gen normal. Misalnya, anak laki-laki hanya memiliki satu kromosom X, sehingga anak laki-laki dengan hemofilia memiliki gen cacat pada kromosom X satu-satunya (dan begitu juga dikatakan hemizygous untuk hemofilia). Hemofilia adalah penyakit genetik yang paling umum terkait-X.

Walaupun lebih jarang, seorang gadis dapat memiliki hemofilia, tetapi ia harus memiliki gen cacat pada kedua kromosom X atau memiliki satu gen hemofilia ditambah salinan hilang atau rusak dari kromosom X kedua yang harus membawa gen normal . Jika seorang gadis memiliki satu salinan gen cacat pada salah satu kromosom X dan kromosom X normal kedua, dia tidak memiliki hemofilia tetapi dikatakan heterozigot untuk hemofilia (carrier). anak laki-laki nya memiliki kesempatan 50% dari mewarisi satu bermutasi gen X dan dengan demikian memiliki kesempatan 50% dari mewarisi hemofilia dari ibu karier.
Hemofilia A terjadi pada sekitar 1 dari setiap 5000 laki-laki kelahiran hidup. Hemoplilia A dan B terjadi pada semua kelompok ras. Hemofilia muncul sekitar empat kali lebih umum daripada B, B terjadi pada sekitar 1 dari 20 - 34.000 laki-laki kelahiran hidup.

Apa yang menyebabkan hemofilia?

Sebagaimana disebutkan di atas, hemofilia disebabkan oleh mutasi genetik. Mutasi gen yang melibatkan kode untuk protein yang penting dalam proses pembekuan darah. Gejala perdarahan timbul karena pembekuan darah terganggu.


Proses pembekuan darah melibatkan serangkaian mekanisme yang kompleks, biasanya melibatkan 13 protein yang berbeda disebut I dengan XIII dan ditulis dengan angka Romawi. Jika lapisan pembuluh darah menjadi rusak, trombosit direkrut ke daerah luka untuk membentuk plug awal. Bahan kimia ini rilis diaktifkan platelet yang memulai kaskade pembekuan darah, mengaktifkan serangkaian 13 protein yang dikenal sebagai faktor pembekuan. Pada akhirnya, terbentuk fibrin, protein yang crosslinks dengan dirinya sendiri untuk membentuk sebuah mesh yang membentuk bekuan darah terakhir. Protein yang terlibat dengan hemofilia A adalah faktor VIII (faktor 8) dan dengan hemofilia B adalah faktor IX (faktor 9).

Hemofilia A disebabkan oleh mutasi pada gen untuk faktor VIII, sehingga ada kekurangan faktor pembekuan. Hemofilia B (juga disebut Penyakit Natal ) hasil dari kekurangan faktor IX karena mutasi pada gen yang sesuai.

Sebuah kondisi yang disebut sebagai hemofilia C melibatkan XI kekurangan faktor pembekuan. Kondisi ini lebih jarang daripada hemofilia A dan B dan biasanya menyebabkan gejala ringan. Hal ini juga tidak diwariskan secara terkait-X dan mempengaruhi orang-orang dari kedua jenis kelamin.

Hemofilia A lebih umum daripada hemofilia B. Sekitar 80% dari orang dengan hemofilia adalah hemofilia A. Hemofilia B terjadi pada sekitar 1 dari setiap 25.000 sampai 30.000 orang. Sebuah subkelompok orang dengan hemofilia B memiliki fenotip Leiden, yang dicirikan oleh hemofilia parah di masa kanak-kanak yang meningkatkan saat pubertas.

Apa saja tanda dan gejala dari hemofilia?

Hemofilia dapat bervariasi dalam beratnya, tergantung pada jenis tertentu mutasi (cacat genetik). Tingkat gejala tergantung pada kadar faktor pembekuan terpengaruh. Penyakit berat didefinisikan sebagai <1>Tingkat perdarahan tergantung pada keparahan (jumlah aktivitas faktor) dan serupa untuk hemofilia A dan B. Dengan hemofilia berat (A atau B), perdarahan dimulai pada usia dini dan dapat terjadi secara spontan. Mereka dengan hemofilia ringan hanya dapat berdarah berlebihan dalam menanggapi cedera atau trauma. Wanita pembawa hemofilia memiliki derajat variabel aktivitas faktor, beberapa mungkin telah dekat dengan level normal dan tidak menunjukkan kecenderungan pendarahan, sementara beberapa mungkin memiliki lebih sedikit dari yang diprediksi pengurangan 50% dan mungkin berdarah lebih sering daripada perempuan non-carrier. Pada hemofilia berat, episode perdarahan biasanya dimulai dalam 2 tahun pertama kehidupan. perdarahan berat setelah sunat pada laki-laki kadang-kadang tanda pertama dari kondisi tersebut. Gejala dapat berkembang di kemudian orang-orang dengan penyakit sedang atau ringan. Pendarahan dari hemofilia dapat terjadi di mana saja di tubuh. situs umum untuk perdarahan adalah sendi, otot, dan saluran pencernaan. situs khusus dan jenis perdarahan dibahas di bawah ini.

* Hemarthrosis (perdarahan ke dalam sendi) adalah karakteristik dari hemofilia. Lutut dan pergelangan kaki yang paling sering terkena. Perdarahan menyebabkan distensi dari ruang sendi, nyeri yang signifikan, dan dari waktu ke waktu, dapat menodai. Seiring waktu, kerusakan sendi terjadi, dan operasi penggantian sendi dapat diminta.

* Pendarahan ke dalam otot dapat terjadi dengan pembentukan hematoma (sindrom kompartemen).

* Pendarahan dari mulut atau mimisan mungkin terjadi. Pendarahan setelah prosedur gigi adalah umum, dan mengalir darah dari gusi bisa terjadi pada anak-anak muda ketika gigi baru meletus.

* Pendarahan dari saluran pencernaan dapat menyebabkan darah dalam tinja.

* Pendarahan dari saluran kemih dapat menyebabkan darah dalam urin (hematuria).

* Perdarahan intrakranial (perdarahan ke dalam otak atau tengkorak) dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan / atau kelesuan. * Peningkatan pendarahan setelah operasi atau trauma adalah karakteristik dari hemofilia.

Bagaimana hemofilia didiagnosis?
Sebagian besar pasien dengan hemofilia memiliki riwayat keluarga yang dikenal kondisi. Namun, sekitar sepertiga dari kasus terjadi tanpa adanya sejarah keluarga yang dikenal. Sebagian besar kasus tanpa riwayat keluarga timbul karena mutasi spontan pada gen terpengaruh. kasus lain mungkin karena gen yang terkena dampak yang melewati garis panjang wanita pengangkut.

Jika tidak ada riwayat keluarga hemofilia diketahui, serangkaian tes darah dapat mengidentifikasi bagian mana atau protein faktor mekanisme pembekuan darah rusak jika seseorang memiliki episode perdarahan abnormal.

The platelet (partikel darah penting untuk proses pembekuan darah) menghitung harus diukur serta dua indeks pembekuan darah, waktu protrombin (PT) dan diaktifkan waktu tromboplastin parsial (aPTT). Sebuah jumlah trombosit normal, PT normal, dan aPTT berkepanjangan merupakan ciri khas dari hemofilia A dan hemofilia B. tes spesifik untuk faktor-faktor pembekuan darah kemudian dapat dilakukan untuk mengukur kadar faktor VII atau faktor IX dan mengkonfirmasikan diagnosis.

pengujian genetik untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi mutasi khusus bertanggung jawab untuk hemofilia juga tersedia di laboratorium khusus.

Apakah mungkin untuk mengetahui jika Anda seorang pembawa hemofilia?
Karena pria dengan mutasi genetik akan memiliki hemofilia, seorang pria yang tidak memiliki kondisi tidak dapat menjadi pembawa penyakit. Seorang wanita yang memiliki anak dengan hemofilia diketahui disebut pembawa obligat, dan pengujian tidak diperlukan untuk menetapkan bahwa dia adalah pembawa hemofilia.

Wanita yang tidak diketahui status carrier dapat dievaluasi baik dengan tes faktor pembekuan atau menggunakan metode untuk menggambarkan mutasi pada DNA. Metode skrining DNA umumnya yang paling dapat diandalkan.

Diagnosis Prenatal juga mungkin dengan tes DNA berbasis dilakukan pada sampel yang diperoleh melalui amniocentesis atau chorionic villus sampling. Kebanyakan individu dilihat dan diuji oleh konsultan yang mengkhususkan diri dalam penyakit genetik terkait.

Apa pengobatan untuk hemofilia?
Perawatan yang utama adalah penggantian faktor pembekuan darah. Faktor Pembekuan konsentrat dapat dimurnikan dari donor darah manusia atau dibuat dalam laboratorium menggunakan metode yang tidak menggunakan darah donor. Jenis terapi ini dikenal sebagai terapi pengganti. Faktor pembekuan terapi penggantian dilakukan dengan menyuntikkan faktor pembekuan darah ke pembuluh darah, seperti transfusi darah. Jenis terapi dapat diberikan di rumah dengan instruksi yang tepat dan pelatihan.

Tergantung pada keparahan kondisi, terapi penggantian dapat dilakukan pada dasar yang dibutuhkan (terapi permintaan disebut) atau secara teratur untuk mencegah perdarahan episode (dikenal sebagai terapi profilaksis).

Orang yang memiliki kasus hemofilia A ringan kadang-kadang diobati dengan desmopressin obat, juga dikenal sebagai DDAVP. Obat ini merangsang pelepasan faktor pembekuan lebih oleh tubuh. Itu dilakukan baik perlahan-lahan melalui rute intravena (IV) atau kadang-kadang, dalam bentuk spray hidung.

penghilang Nyeri dapat diresepkan untuk menghilangkan gejala, tapi penghilang rasa sakit selain aspirin atau obat anti-inflamasi non-steroid (seperti naproxen, ibuprofen) harus digunakan, karena jenis obat lebih lanjut menghambat kemampuan darah untuk membeku. Asetaminofen (Tylenol dan lain-lain) seringkali diberikan untuk menghilangkan rasa sakit.

Apa komplikasi dari pengobatan?

Inhibitor

Sebuah komplikasi utama pengobatan adalah pengembangan inhibitor yang disebut dengan faktor-faktor pembekuan. Inhibitor (antibodi) yang dihasilkan karena tubuh melihat faktor konsentrat digunakan untuk mengobati pasien untuk mengurangi atau mencegah pendarahan, sebagai asing dan mengaktifkan respon imun pada pasien untuk menghancurkan zat asing (faktor VIII atau faktor IX).

Inhibitor faktor VIII adalah yang paling umum dan terjadi pada sekitar sepertiga dari mereka dengan hemofilia berat A dan sekitar 1 dari setiap 50 orang dengan hemofilia ringan atau sedang A. Mereka biasanya berkembang di masa kecil pada mereka dengan hemofilia berat A dan kemudian di hidup dalam kasus-kasus ringan. Inhibitor menghancurkan kedua faktor pengganti VIII konsentrat serta faktor-faktor VIII yang hadir dalam tubuh. Ini merupakan komplikasi serius dari pengobatan karena faktor konsentrat tidak lagi efektif dalam merawat kondisi tersebut. Tindakan inhibitor untuk menghancurkan faktor VIII konsentrat menunjukkan derajat keparahan yang berbeda antara individu-individu dan bahkan dapat bervariasi dari waktu ke waktu dalam individu yang sama.

Pada sekitar dua pertiga kasus, inhibitor menghilang sendiri atau dengan pengobatan yang dikenal sebagai terapi toleransi imun (ITT) atau induksi toleransi imun (ITI). Dalam kasus hemofilia berat A dengan ketekunan inhibitor, faktor lainnya konsentrat, seperti berkonsentrasi protrombin diaktifkan faktor kompleks atau VIIA rekombinan, yang diberikan kepada upaya untuk membantu pendarahan kontrol.

Perkembangan inhibitor faktor IX jauh kurang umum dan terjadi pada sekitar 1% dari mereka dengan hemofilia B. Namun, ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang sangat serius ketika konsentrat faktor IX diberikan. Immune toleransi terapi untuk menghilangkan inhibitor kurang berhasil dibandingkan dengan hemofilia A.


Infeksi
infeksi Darah-ditanggung, seperti virus HIV dan hepatitis B dan C, adalah komplikasi utama dari pengobatan untuk hemofilia selama tahun 1980. Infeksi ini ditularkan melalui faktor berkonsentrasi dan produk darah lainnya yang digunakan untuk mengobati hemofilia. Penggunaan kolam donor darah besar untuk mempersiapkan faktor konsentrat dan kurangnya tes khusus untuk agen infeksius baik memberikan kontribusi terhadap kontaminasi produk darah yang digunakan untuk mengobati hemofilia. Pada tahun 1985, sekitar 90% orang dengan hemofilia berat terinfeksi virus HIV, dan sekitar setengah dari semua orang dengan hemofilia adalah HIV-positif. Hari ini, skrining ditingkatkan dan manufaktur praktek termasuk virus menghapus teknik serta pengembangan faktor rekombinan telah dieliminasi ini dasarnya tragis komplikasi pengobatan.

Hemofilia bisa dicegah?

Hemofilia adalah penyakit (diwariskan) genetik dan tidak dapat dicegah. konseling genetik, identifikasi pembawa melalui pengujian genetika molekular, dan diagnosis prenatal yang tersedia untuk membantu individu memahami risiko memiliki anak dengan hemofilia.

Bagaimana (prognosis) untuk hemofilia?

Sebelum faktor konsentrat dikembangkan, orang-orang dengan hemofilia memiliki harapan hidup menurun secara nyata. Harapan Hidup sebelum tahun 1960-an bagi mereka dengan hemofilia berat adalah terbatas pada 11 tahun. Saat ini, angka kematian (kematian) tingkat untuk laki-laki dengan hemofilia adalah dua kali lipat dari laki-laki yang sehat. Seperti disebutkan sebelumnya, peningkatan infeksi HIV dan hepatitis yang terkait dengan terapi selama tahun 1980 menyebabkan peningkatan yang sesuai pada angka kematian.

Saat pengobatan, cepat dan sangat memadai dapat mengurangi risiko pendarahan yang mengancam jiwa dan tingkat keparahan kerusakan jangka panjang untuk sendi, tetapi kerusakan sendi tetap menjadi komplikasi kronis hemofilia.

Apa pengobatan masa depan mungkin untuk hemofilia?

Beberapa percobaan dan penelitian sedang dilakukan untuk meneliti kemungkinan untuk menggunakan terapi gen untuk menggantikan gen cacat hemofilia. Sampai saat ini, produksi stabil dan berkelanjutan faktor pembekuan kekurangan belum tercapai pada manusia, tapi ini adalah daerah penyelidikan aktif yang memegang janji besar untuk masa depan.

Kesimpulan

* Hemofilia adalah salah satu dari kelompok gangguan perdarahan bawaan yang menyebabkan perdarahan abnormal atau berlebihan, dan pembekuan darah yang buruk.


* Hemofilia A dan B mewarisi dalam pola X-linked genetik resesif, sehingga laki-laki yang umumnya terkena sementara perempuan biasanya pembawa penyakit.


* Hemofilia A disebabkan oleh kekurangan Faktor VIII pembekuan, sedangkan hemofilia B (juga disebut Natal penyakit) hasil dari kekurangan Faktor IX.


* Hemofilia bervariasi dalam tingkat keparahan di antara individu yang terkena.


* Gejala termasuk perdarahan yang berlebihan dari situs dalam tubuh; kerusakan jangka panjang untuk sendi dari episode perdarahan berulang adalah karakteristik.


* Pengobatan melibatkan faktor koagulasi terapi penggantian


* Pembentukan inhibitor terhadap faktor perlakuan konsentrat adalah komplikasi signifikan pengobatan.

* Gene pengobatan terapi adalah sumber penelitian aktif dan menjanjikan untuk masa depan.

DAFTAR PUSTAKA


Centers for Disease Control. Hemofilia.


eMedicine.com. Hemofilia A dan B.


eMedicine.com. Hemofilia.


eMedicine.com. Hemofilia C.

ARTIKEL BERKAITAN