Entries (RSS)
KLIK SALAH SATU LINK IKLAN DIBAWAH UNTUK MENGHILANGKAN KOTAK INI
.

Melakukan Asuhan Keperawatan (Askep) merupakan aspek legal bagi seorang perawat walaupun format model asuhan keperawatan di berbagai rumah sakit berbeda-beda. Seorang perawat Profesional di dorong untuk dapat memberikan Pelayanan Kesehatan seoptimal mungkin, memberikan informasi secara benar dengan memperhatikan aspek legal etik yang berlaku. Metode perawatan yang baik dan benar merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan kualitas “asuhan keperawatan” (askep) yang diberikan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan brand kita sebagai perawat profesional. Pemberian Asuhan keperawatan pada tingkat anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia hingga bagaimana kita menerapkan manajemen asuhan keperawatan secara tepat dan ilmiah diharapkan mampu meningkatkan kompetensi perawat khususnya di indonesia

Diet Penderita Maag (Pola Makan)

Kebiasaan makan yang teratur adalah syarat mutlak yang harus dilakukan oleh penderita maag. Misalnya pagi makan jam 7, maka besok dan seterusnya juga harus memulai makan jam 7. Begitu juga kebiasaan makan siang dan makan malam, agar lambung kita teratur menerima makanan pada jam-jam tertentu.

Pola kebiasaan makanan bagi penderita maag adalah porsi sedikit tetapi sering, dan teratur. Sebaiknya lambung diisi tiap 3 atau 4 jam. Sebelum makan sebaiknya minum air putih dulu, untuk mengurangi keasaman lambung.

Cara memasak makanan sebaiknya ditumis, direbus, dipepes, disup, dan kurangi makan makanan yang digoreng atau yang bersantan.

Contoh menu makanan penderita maag :

Makan Pagi (pukul 07.00)
2 lembar roti gandum + selai buah
Pukul 10.00
1 buah apel
Makan Siang ( 12.00 )
6 sendok makan nasi
1-2 potong sup ayam
2 potong pepes tahu
1 gelas satu sup sayur
1potong pepaya
Pukul 16.00
1 buah pisang
Makan malam ( 19.00 )
6 sendok makan nasi
1 potong ikan tim
tumis tempe dengan sayur
1 potong semangka

Jika waktu tidur anda lebih dari 3 jam setelah makan terakhir, (pk 22.00) sebaiknya makan dulu sedikit, seperti roti marie dan minum air putih.

Tips Diet Maag :

Selain makan secara teratur, ada beberapa pantangan bagi penderita maag yang mesti diperhatikan yaitu :
1. Hindari makanan yang terlalu merangsang lambung,

  • terlalu pedas misalnya cabe, merica
  • terlalu asam seperti jeruk, nenas.

2. Hindari makanan yang terlalu berlemak, berminyak (gorengan, roti bakar) dan susah dicerna (keju, coklat).

3. Hindari makanan yang menimbulkan gas, seperti sawi, kol, buah nangka, kedongdong.

4. Jangan minum minuman bersoda dan berkafein seperti kopi, teh.

5. Hindari merokok, karena asap dari rokok akan membuat lambung terasa penuh, sehingga penderita tidak merasa lapar.

6. Perbanyak makan buah yang baik untuk lambung dan pencernaan (pepaya, melon).
7. Selalu siapkan biskuit dan air minum di tas anda jika anda bekerja, agar bisa makan sewaktu-waktu meski anda sangat sibuk.

8. jika anda tidak yakin akan makanan yang akan anda makan membahayakan lambung, sebaiknya didahului makan sedikit nasi atau pepaya supaya lambung lebih siap.
9. Obat tradisional yang bisa dicoba: kunyit putih, kuning, air rebusan daun jambu biji.

10. Jika terlanjur sakit maag ada beberapa obat maag yang bisa dibeli di apotik, biasanya kandungannya adalah antasida dan penghambat asam lambung dalam dosis rendah. Dengan penggunaan sesuai dosis anjuran, keamanan obat ini dapat dijaga.

- Antasida bekerja dengan cara menetralisir asam lambung yang meningkat pada keadaan sakit maag, mengembalikan pH lambung ke normal yaitu sekitar 3-4 dari pH 1-2 saat keasaman lambung meningkat. Antasida bekerja lokal di lambung, dalam hitungan menit saat obat mencapai lambung.

- Golongan penghambat asam lambung bekerja pada pompa asam di lambung sehingga pengeluaran asam lambungnya dapat dikontrol. Obat ini bekerja setelah diserap oleh aliran darah di usus dan disalurkan ke lambung, mulai bekerja sekitar dua jam.

- Golongan obat yang dapat menjaga mukosa lambung yang bekerja sama untuk menjaga ketebalan mukosa pertahanan di lambung sehingga tidak mudah terkena sakit maag, mulai kerjanya sama dengan golongan penghambat asam lambung.
Untuk memilih obat maag yang tepat untuk kita yang terbaik adalah mengetahui pencetus timbulnya sakit maag. Selanjutnya kita dapat melakukan pencegahan terhadap pencetus tersebut. Pada saat terjadinya sakit maag, minum obat yang dapat menetralisir asam lambungnya supaya gejalanya dapat berkurang.

11. Hindari obat-obat rematik. Obat ini kadang-kadang membuat penderita maag tidak merasakan nyeri, tapi ternyata kondisi lambungnya sudah parah.

Tips Pola Hidup Penderita Maag :

1. Tidur cukup.
2. Olah raga rutin supaya metabolisme badan lebih baik.

3. Manage prioritas hidup lebih baik supaya tidak terlalu stress. Kerja, istirahat, have fun, pelayanan, dan lainnya harus berimbang.

ARTIKEL BERKAITAN